• Sabtu, 8 Oktober 2022

Waspada TBC Laten, Tidak Bergejala Bisa Muncul Kapanpun dan Dimanapun

- Jumat, 25 Maret 2022 | 12:46 WIB
Penyakit Tuberkulosis (TBC) masih mengintai masyarakat, pasalnya penyakit tersebut telah menyebabkan 93 ribu kematian per tahun di Indonesia.   (Ilustrasi TBC Laten/Hallo Sehat)
Penyakit Tuberkulosis (TBC) masih mengintai masyarakat, pasalnya penyakit tersebut telah menyebabkan 93 ribu kematian per tahun di Indonesia. (Ilustrasi TBC Laten/Hallo Sehat)

JATIM ZONE - Penyakit Tuberkulosis (TBC) masih mengintai masyarakat, pasalnya penyakit tersebut telah menyebabkan 93 ribu kematian per tahun di Indonesia. 

Selain TBC aktif yang dapat dilihat gejalanya, ada TBC laten yang perlu diwaspadai karena tidak terlihat gejalanya dan bisa muncul kapanpun.

Ketua Yayasan Stop TB Partnership dr. Nurul H.W. Luntungan mengatakan, penyakit TBC laten disebabkan oleh bakteri yang bersembunyi di dalam tubuh seseorang.

Baca Juga: Tahun 2022, Kemenkes Rencanakan Skrining TBC Besar-besaran

Sehingga orang tersebut nampak tidak memiliki penyakit TBC.

''Penyakit TBC ini disebabkan oleh bakteri, dan bakteri TBC ini beda dengan bakteri lain. Bakteri TBC ini bisa sembunyi di dalam tubuh dan orang yang kena bakterinya belum tentu terlihat sakit TBC,'' katanya dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (22/3).

Selanjutnya, Koordinator Substansi TBC, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakti Menular, Kemenkes dr. Tiffany Tiara Pakasi, MA mengatakan infeksi TBC laten terjadi saat seseorang yang terpapar kuman TBC namun memiliki imunitas yang bagus sehingga menyebabkan dia tidak bergejala. 

Baca Juga: Menaker Resmikan Pembukaan KIOS SIAP Kerja Bagi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas se-Indonesia

Tapi sebenarnya kumah tersebut tidak hilang melainkan dalam posisi tertidur.

Halaman:

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lapas Surabaya Gelar Vaksinasi COVID-19 Dosis Ketiga 

Minggu, 27 Februari 2022 | 18:51 WIB
X