11 Manfaat Pijat Bayi yang Wajib Diketahui Orang Tua

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:10 WIB
Ilustrasi - 11 Manfaat Pijat Bayi yang Wajib Diketahui Orang Tua.*/ Flickr/Martina Aguirre
Ilustrasi - 11 Manfaat Pijat Bayi yang Wajib Diketahui Orang Tua.*/ Flickr/Martina Aguirre

 

JATIM ZONE – Stimulasi pijat memiliki beberapa istilah yaitu stimulasi sentuh, pijat bayi, baby massage, infant massage, dan lainnya.

Unit Kerja Koordinasi (UKK) Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengembangkan peran pijat sebagai bentuk stimulasi pada bayi.

Perlu Anda ketahui bahwa urut bayi merupakan kombinasi bentuk stimulasi multi modal, yaitu raba (taktil) dan gerak (kinestetik) yang dilakukan oleh orang tua atau tenaga kesehatan.

Pada saat melakukan pijat, stimulasi yang ditambahkan adalah melakukan stimulasi auditory (pendengaran, dengan mengajak bayi bicara saat dipijat), stimulasi visual (penglihatan, dengan mengadakan kontak mata saat memijat), dan lainnya.

Baca Juga: Ini Khasiat Main Bulu Tangkis, Salah Satunya Cegah Hipertensi Loh

Pada dasarnya tujuan fungsi pijat bayi adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan stimulasi raba, gerak dan kombinasi stimulasi lainnya.

Pijat bayi dilakukan dalam suasana yang menyenangkan dan nyaman. Lama pijatan sekitar 15 menit, dan sebaiknya diberikan secara rutin. Tidak ada batasan baku mengenai frekuensi pemberian pijatan per hari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pijat bayi yang bisa didapatkan, di antaranya:

1. Membuat bayi lebih rileks
Manfaat pijat bayi yang pertama adalah bisa menstimulasi sistem saraf pusatnya. Hal ini akan membuat otak memproduksi lebih banyak serotonin yang membuatnya nyaman, sekaligus menurunkan kortisol (hormon stres).

Selain itu, kondisi ini juga membuat detak jantung dan napas bayi menjadi lebih lambat, sehingga membuat bayi menjadi lebih rileks.

Baca Juga: 11 Bahaya Gadget bagi Anak, Munculnya Masalah Fisik hingga Mental

2. Tidak mudah rewel
Manfaat memijat bayi berikutnya adalah dapat membuat bayi tidak mudah rewel atau menangis secara berlebihan dan bisa membuatnya tidurnya lebih nyenyak. Bahkan, urut bayi juga dipercaya dapat meringankan sembelit atau sakit perut.

3. Memperkuat ikatan dengan orang tua
Selain manfaat fisik yang bisa didapatkan bayi, manfaat pijat bayi juga berguna untuk meningkatkan hubungan emosional antara bayi dengan orang tua.

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lidahkmu Gatal saat Makan Nanas? Ini Ulasannya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 09:39 WIB

Mau Cepat Move On, ini Cara Mengatasi Patah Hati

Kamis, 26 Januari 2023 | 14:13 WIB

11 Manfaat Pijat Bayi yang Wajib Diketahui Orang Tua

Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:10 WIB
X