Benarkah Bayi Bisa Alergi ASI? Ini Penjelasannya Menurut Pakar Dokter

- Kamis, 19 Januari 2023 | 12:36 WIB
Ilustrasi - Benarkah Bayi Bisa Alergi ASI? Ini Penjelasannya Menurut Pakar Dokter. /Hello Sehat/
Ilustrasi - Benarkah Bayi Bisa Alergi ASI? Ini Penjelasannya Menurut Pakar Dokter. /Hello Sehat/

JATIM ZONE – Setiap orang tua pasti berharap anaknya untuk mendapatkan asupan ASI eksklusif. Namun, banyak ibu yang khawatir tentang bayi">bayi alergi ASI, apakah hal tersebut memang perlu dikhawatirkan? Bagaimana penjelasan mengenai alergi ASI? Simak penjelasan alergi pada bayi">bayi ASI selengkapnya di bawah ini.

Bayi Alergi ASI Dipengaruhi Oleh Asupan Tertentu
Sejumlah pakar kesehatan mengungkapkan, bayi">bayi alergi ASI sebenarnya tidak ada, alergi yang terjadi bukanlah disebabkan oleh ASI melainkan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui.

Meski begitu, reaksi alergi ASI akibat makanan atau minuman tertentu ini adalah sesuatu yang sangat jarang terjadi. Ciri ciri bayi">bayi alergi ASI akibat dari asupan yang dikonsumsi ibunya terlihat dari munculnya mual, diare, sesak napas dan ruam, yang bisa bertahan beberapa jam setelah mendapatkan ASI.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai ciri bayi">bayi alergi ASI, di antaranya:

1. Gumoh
Perlu diketahui, tanda bayi">bayi alergi ASI seperti muntah atau gumoh bisa terjadi secara spontan. Namun terdapat perbedaan antara gumoh dengan muntah. Gumoh biasanya hanya sedikit cairan yang dikeluarkan serta tidak disertai kontraksi otot perut. Gumoh ini dikatakan normal jika frekuensinya 1-4 kali sehari.

Baca Juga: Tidak Perlu Takut Kolesterol, Berikut 5 Tips Sehat Makan Daging Kambing

2. Ruam
Namun jika bayi">bayi mengalami gumoh lebih dari frekuensi normal, Anda harus segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan dengan tepat. Selain gumoh, ciri bayi">bayi alergi ASI juga terlihat dari kulit yang memerah. Kondisi ini bisa terjadi akibat ibu mengonsumsi makanan laut.

3. Mengi
Ciri bayi">bayi alergi ASI juga dapat terlihat dari munculnya sesak napas atau nafas yang berbunyi. Kondisi ini bisa terjadi setelah bayi">bayi Anda meminum ASI. Meski tanda ini mirip dengan gejala asma, hal itu tidak selalu menjadi ciri utama.

4. Diare
Penyebab diare pada bayi">bayi bisa terjadi karena bayi">bayi mengalami alergi ASI. Bahkan, diare bisa langsung terjadi setelah bayi">bayi lahir dan menerima ASI termasuk kolostrum. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi">bayi tidak mampu menerima beberapa protein dan kadar laktosa dalam ASI. Diare adalah kondisi yang berbahaya, segera bawa bayi">bayi ke dokter anak terdekat.

Asupan yang Perlu Diperhatikan agar Alergi ASI Tidak Terjadi
Salah satu bahan makanan yang menyebabkan bayi">bayi alergi ASI adalah susu sapi. Hal ini bisa terjadi karena terserapnya kandungan protein di susu sapi. Saat proses menyusui, protein bisa masuk pada tubuh bayi">bayi, di mana hal ini menjadi penyebab munculnya alergi ASI.

Selain susu sapi, bahan makanan lain yang bisa menyebabkan alergi ASI adalah buah-buahan yang mengandung sitrus (lemon, jeruk, dll), tomat, kacang-kacangan, telur, dan tepung terigu.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dicermati karena kemungkinan dapat memicu alergi pada bayi">bayi, antara lain brokoli, cokelat, bawang, cabai, dan produk olahan susu. Selain itu, bayi">bayi kemungkinan mengalami alergi setelah minum ASI jika ibu mengonsumsi:

Baca Juga: Mengenal Manfaat Buah Bacang si ‘Saudara’ Mangga untuk Kesehatan

1. Susu sapi
Jika bayi">bayi alergi ASI terjadi karena ibu mengonsumsi susu, sebaiknya Anda coba untuk berhenti mengonsumsinya selama 2 sampai 4 minggu, namun proses menyusui tetap dapat berjalan. Anda tetap bisa mengonsumsi susu setelah gejala mereda. Namun, jika muncul gejala yang lebih parah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Halaman:

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Terkini

Lidahkmu Gatal saat Makan Nanas? Ini Ulasannya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 09:39 WIB

Mau Cepat Move On, ini Cara Mengatasi Patah Hati

Kamis, 26 Januari 2023 | 14:13 WIB

11 Manfaat Pijat Bayi yang Wajib Diketahui Orang Tua

Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:10 WIB
X