Terungkap, Nama Asli Para Waliyullah yang Dikenal Sebagai Walisongo

- Minggu, 18 Desember 2022 | 16:06 WIB
Ilustrasi. Nama asali Wali Songo./*nu.or.id
Ilustrasi. Nama asali Wali Songo./*nu.or.id

JATIM ZONE - Artikel ini mengulas tentang nama lengkap atau nama asli dari Walisongo atau sembilan wali yang diketahui sebagai waliyullah.

Masyarakat Nusantara, terutama masyarakat Tanah Jawa umumnya sudah mengetahui, atau paling tidak pernah mendengar sebutan Walisongo.

Namun nama-nama dari Walisongo itu lebih populer dengan nama julukan, seperti Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati, Sunan Kudus, Sunan Muria, dan sejumlah nama wali lainnya.

Kebanyakan nama julukan wali tersebut merujuk pada nama tempat di mana waliyullah itu menyebarkan syiar Islamnya.

Baca Juga: Hukum Kirimkan Bacaan Qur’an Kepada Orang Meninggal Menurut Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Belum tentu semua kalangan masyarakat mengetaui secara persis nama-nama dari kesembilan wali tersebut.

Dari beberapa catatan sejarah, sembilan wali atau Wali Songo itu mensyiarkan Islam di Nusantara, khususnya di tanah Jawa pada abad ke-15 sampai abad ke-16 Masehi.

Bahkan bagi masyarakat muslim Indonesia, Walisongo sudah dimaknai secara khusus yang bukan sekedar penyebar syiar agama pada masanya, tetapi sudah dikultuskan atau dikeramatkan.

Hal itu bisa dilihat dari fenomena yang masih terjadi sampai saat ini, di mana makam-makam Walisongo itu menjadi pusat penziarahan untuk mendapatkan keberkahan.

Baca Juga: Ini Dampak Negatif Judi Bola, Nomor 6 Sangat Bahaya

Lebih jauh lagi, kini sudah membudaya di masyarakat Nusantara istilah 'wisata ziarah', yakni berwisata untuk berziarah ke makam atau situs para wali termasuk Walisongo.

Dikutip Pangandaran Talk dari buku Atlas Walisongo, kata wali asal katanya dari bahasa Arab sebagai bentuk singkatan dari kata waliyullah yang berarti orang yang mencintai dan dicintai Allah; dan kata songo merupakan bahasa Jawa, yang berarti sembilan (9).

Dengan demikian Wali Songo diartikan sebagai wali sembilan yang dimaknai sebagai sembilan orang yang mencintai dan dicintai Allah.

Namun ada sedikit perbedaan dari sisi nama maupun jumlah para waliyullah tersebut berdasarkan beberapa referensi kitab.

Halaman:

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X