• Selasa, 17 Mei 2022

Ini Aturan Toa Masjid Indonesia dengan Arab Saudi Menurut Mahfud MD

- Rabu, 27 April 2022 | 04:01 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian dan Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani.  (YouTube Sekretariat Presiden.)
Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian dan Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani. (YouTube Sekretariat Presiden.)

JATIMZONE.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah mengeluarkan kebijakan penggunaan pengeras suara di masjid dan musala melalui Surat Edaran Menteri Agama Nomor 5 Tahun 2022 yang terbit pada 18 Februari 2022.

Yaqut mengatakan bahwa penggunaan pengeras suara di masjid dan musala merupakan kebutuhan bagi umat Islam sebagai salah satu media syiar Islam di tengah masyarakat.

Akan tetapi pada saat yang bersamaan, masyarakat Indonesia juga beragam, baik agama, keyakinan, latar belakang, dan lainnya. Sehingga, diperlukan upaya untuk merawat persaudaraan dan harmoni sosial.

Baca Juga: Cium Kejanggalan, Istri Putra Siregar Bongkar Pesan Singkat dari Chandrika Chika

Baca Juga: Kemarahan Megawati terhadap Istana Negara Disebut Tak Terbendung, Luhut Binsar Pandjaitan Disorot

Menanggapi kebijakan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD menyampaikan pendapatnya.

Mahfud MD mengungkapkan bahwa aturan dari Kemenag tidak ada salahnya, karena di negara-negara dengan basis mayoritas penduduk Islam lainnya juga mengatur hal tersebut.

"Soal toa itukan apa salahnya sih mengatur seperti itu, dimana-mana juga seperti itu, di Saudi Arabia itu masjid-masjid pakai toa yang boleh hanya Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, masjid lain tidak boleh juga aturannya, di Malaysia juga begitu," kata Mahfud MD, dikutip jatimzone.com dari kanal YouTube Total Politik, Selasa, 26 April 2022.

Baca Juga: Hanya Gegara Futsal, Satu Anggota Kopasgat TNI AU Dikeroyok Oknum Polisi di Boven Digoel Papua

Halaman:

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X