• Kamis, 19 Mei 2022

Soal Aturan Hukum LGBT di Indonesia, Begini Kata Mahfud MD

- Rabu, 11 Mei 2022 | 16:32 WIB
Ilustrasi hukum LGBT dalam Islam
Ilustrasi hukum LGBT dalam Islam

JATIM ZONE - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD kembali membahas terkait aturan hukum LGBT di Indonesia.

Dia mengatakan bahwa rancangan KUHP untuk pelaku LGBT sudah pernah dia sampaikan pada tahun 2017 silam.

Akan tetapi, rancangan peraturan tersebut menuai pro dan kontra di kalangan publik, sehingga sampai saat ini belum bisa diundangkan.

Rancangan KUHP untuk LGBT ini kemudian kembali disinggung, setelah munculnya podcast yang dibuat Deddy Corbuzier bersama Ragil Mahardika.

Baca Juga: Didesak Akui Pakai Narkoba, Caisar YKS Akhirnya Bongkar Rahasia Bisa Segar Joget 24 Jam

Buntut dari podcast yang dinilai mengkampanyekan LGBT tersebut, Mahfud MD ikut ditanya mengenai aturan hukum bagi pelaku LGBT.

Dia mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada aturan terkait LGBT, sehingga Deddy Corbuzier maupun Ragil Mahardika tidak bisa diproses hukum.

"Nah, kalau ingin ada hukuman untuk ini, silahkan perjuangkan ke DPR sebagaimana yang pernah saya sampaikan pada tahun 2017 saat terjadi pro kontra soal LGBT ini, agar Rancangan KUHP kita yang sekarang sedang menunggu pengundangan bisa mengakomodasi hal-hal tersebut. Sekarang sedang dibahas di Legislatif," tutur Mahfud MD, Rabu, 11 Mei 2022.

"Sebagai bagian dari proses ini, Pemerintah sudah mengajukan konsep, tetapi DPR dan civil society organization (CSO) juga belum bersepakat. Jangan pula menuding Pemerintah untuk mengetokkan palu tentang itu. Palunya ada di gedung DPR," katanya menambahkan.

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK Terbitkan POJK Baru Perlindungan Konsumen

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:46 WIB
X