• Senin, 4 Juli 2022

OJK Terbitkan POJK Baru Perlindungan Konsumen

- Rabu, 18 Mei 2022 | 14:46 WIB
OJK Terbitkan POJK Baru Perlindungan Konsumen. (Foto: Ilustrasi )
OJK Terbitkan POJK Baru Perlindungan Konsumen. (Foto: Ilustrasi )

JATIM ZONE - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperkuat upaya perlindungan konsumen sektor jasa keuangan melalui penerbitan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan.

Ketentuan yang memperbarui POJK Nomor 1/POJK.07/2013 ini antara lain mengatur penerapan perlindungan konsumen oleh industri jasa keuangan sejak perencanaan produk, pelayanan dan penyelesaian sengketa.

Baca Juga: Denise Chariesta Ubah Surat Somasi dari Pihak Medina Zein Jadi Bungkus Gorengan

Baca Juga: Fahri Hamzah Ungkap Ada Persoalan Terselubung soal Penolakan Ustaz Abdul Somad Masuk Singapura

Selain itu, POJK ini memperjelas kewajiban prinsip keterbukaan dan transparansi informasi produk dan layanan serta peningkatan perlindungan data dan informasi konsumen.

"POJK ini semakin memperkuat pengaturan terhadap perlindungan konsumen dan kewajiban Pelaku Usaha Jasa Keuangan sebagai respon terhadap dinamika perubahan di sektor jasa keuangan," kata Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara sebagaimana dikutip dari laman resmi OJK.

Menurutnya, penguatan perlindungan konsumen dan masyarakat di sektor jasa keuangan sangat diperlukan untuk menyesuaikan perkembangan inovasi dan teknologi yang cepat dan dinamis di sektor jasa keuangan serta upaya perbaikan implementasi perlindungan konsumen oleh Pelaku Usaha Jasa Keuangan.

Baca Juga: Kabar Gembira, Presiden Jokowi Izinkan Lepas Masker Diluar Ruangan

Baca Juga: Segera Daftar Disini, Kemenag Buka Pengajuan Permohonan Bantuan Masjid dan Mushola Tahun 2022

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X