• Kamis, 8 Desember 2022

Soal Impor Garam, Gapura Minta Gubernur Khofifah Tindak Tegas 3 Perusahaan Importir di Jatim

- Rabu, 20 Juli 2022 | 18:15 WIB
Gapura dan Segara saat melakukan audiensi persoalan impor garam di ruang pertemuan asisten gubernur dan ditemui langsung oleh beberapa pejabat Pemprov
Gapura dan Segara saat melakukan audiensi persoalan impor garam di ruang pertemuan asisten gubernur dan ditemui langsung oleh beberapa pejabat Pemprov

JATIMZONE.COM-, Sejumlah aktivis dan masyarakat dari pulau garam yang mengatasnamakan Gerakan Pemuda Madura (Gapura) dan Serikat Garam Rakyat (Segara) melakukan audiensi persoalan impor garam ke Pemerintah Provinsi Jawa timur.

Audiensi tersebut berlangsung di ruang pertemuan asisten gubernur dan ditemui langsung oleh beberapa pejabat Pemprov yang diwakili Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim.

Ketua Gapura, Abd Razak, mengatakan bahwa adanya penyalahgunaan impor garam industri periode 2018 di Kementerian Perdagangan (Kemendag) menimbulkan kerugian keuangan atau perekonomian negara.

Baca Juga: Tes IQ : Hanya Orang Jenius yang Menemukan Gambar Kucing di Foto yang Ini dalam 5 Detik

“Bahkan, impor garam tersebut juga merugikan para pelaku UMKM," tuturnya dihadapan para pejabat Disperindag setempat.

Selain itu Razak juga jabarkan bahwa telah ditemukan suatu peristiwa pidana dalam impor garam. Itu terjadi terutama pada garam industri sejak tahun 2016-2022.

Ia melanjutkan, Pada tahun 2018 terdapat dalam tinjauannya ada setidaknya 21 perusahaan importir garam yang mendapat kuota persetujuan impor garam industri.

Baca Juga: DPRD Gelar Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Rekomendasi Kerja Tahun 2021

“Impor Garam industri itu sebanyak 3.770.346 ton atau dengan nilai sebesar Rp 2.054.310.721.560 tanpa memperhitungkan stok garam lokal dan stok garam industri yang tersedia," paparnya.

Dengan kondisi ini, lanjut dia, ini akan mengakibatkan garam industri melimpah dan para importir kemudian mengalihkan secara melawan hukum untuk peruntukan garam industri menjadi garam konsumsi dengan perbandingan harga yang cukup tinggi. Sehingga mengakibatkan kerugian bagi petani garam lokal dan kerugian perekonomian negara.

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Breaking News: Aplikasi WhatsApp mengalami Gangguan

Selasa, 25 Oktober 2022 | 14:58 WIB

Berikut Daftar Terbaru Harga BBM di Seluruh SPBU RI

Senin, 10 Oktober 2022 | 12:48 WIB

Keanggotaan Ferdy Sambo di Polri Ditentukan Hari Ini

Kamis, 25 Agustus 2022 | 12:11 WIB
X