Mensos Tri Rismaharini Ultimatum video TikTok Emak-emak Mandi Lumpur

- Kamis, 19 Januari 2023 | 14:00 WIB
Mensos Tri Rismaharini akan polisikan pembuat TikTok mani lumpur. /Setkab
Mensos Tri Rismaharini akan polisikan pembuat TikTok mani lumpur. /Setkab

JATIM ZONE - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengomentari video TikTok yang memperhatikan emak-emak mandi lumpur dalam akun @intan_komalasari92.

Mensos menyebutkan aksi pelaku yang menyuruh orang tua mengemis di media sosial bisa dipolisikan.

Bahkan, lanjutnya, ada Undang-Undang yang mengaturnya, hal semacam itu merupakan bentuk dari eksploitasi.

"Pelaku bisa ditangkap polisi, itu kayaknya ada undang-undangnya," ujar Mensos Risma, di Jakarta, 13 Januari 2023.

Lebih lanjut, Mensos Risma akan bersurat dengan pihak-pihak terkait untuk menangani temuan kasus ini. Live streaming nenek-nenek mandi lumpur mematik warganet.

Baca Juga: Emak-emak yang Mandi di Lumpur Tolak Tawaran Kerja

Mereka lantas berbondong-bondong melaporkan tindakan itu kepada akun-akun resmi institusi pemerintahan hingga aparat penegak hukum untuk menghentikannya dengan cara tagging agar segera mendapat tanggapan.

"Saya imbauan ke daerah, tugas saya itu menjalankan. Itu (ngemis online) memang nggak boleh," kata Risma.

Polisi akhirnya melakukan pemeriksaan terhadap akun 'ngemis online' yang dinilai telah mengeksploitasi orang tua dalam kontennya. Terungkap fakta bahwa pemilik akun @intan_komalasari92 itu ternyata merupakan orang Lombok.

Hal itu diketahui setelah Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menelusuri pemilik akun TikTok yang meresahkan masyarakat dengan konten "emak-emak mandi di lumpur" yang kini sedang viral di jagat maya itu. Hasilnya, ditemukan fakta pemilik akun berdomisili di Lombok Tengah.

Baca Juga: Emak-emak Mandi di Lumpur yang Sedang Viral di TikTok Akhirnya Diperiksa Polisi

"Hasil penelusuran anggota Subdit Siber Polda NTB menemukan pemilik akun TikTok tersebut berdomisili di Desa Setangor, Kabupaten Lombok Tengah," kata Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Rabu, 18 Januari 2023.

Dari hasil pemeriksaan di Polres Lombok Tengah, dia menyampaikan pemilik akun tersebut merupakan pasangan suami istri berinisial SAH dan IK. Selain itu, ada juga tiga orang tua yang pernah tampil pada siaran langsung mereka.

"Kemudian 3 orang yang pernah tampil pada siaran langsung akun TikTok dengan konten mandi di lumpur itu berinisial LS (49), IR (54), dan HRT (43)," ujar Artanto.

Halaman:

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Emak-emak yang Mandi di Lumpur Tolak Tawaran Kerja

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:47 WIB
X