• Kamis, 19 Mei 2022

Seberapa Sering Harus Servis Rutin Kendaraan Anda? Berikut Penjelasannya

- Jumat, 22 April 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi - Seberapa sering Anda harus menservis kendaraan Anda. (Pixabay/Mufid Majnun)
Ilustrasi - Seberapa sering Anda harus menservis kendaraan Anda. (Pixabay/Mufid Majnun)

JATIMZONE.COM - Direkomendasikan oleh produsen dan mekanik, bahwa mobil harus diservis setiap 12.000 mil atau setiap 12 bulan, mana yang lebih dulu.

Beberapa kendaraan juga akan menampilkan sistem diagnostik mandiri, yang akan memberitahu Anda saat mobil Anda siap untuk di servis, jangan abaikan lampu peringatan apapun meskipun mobil Anda belum menempuh jarak 12.000 mil sejak servis terakhir.

Pabrikan dan mekanik sepeda motor menyarankan agar kendaraan ini diservis setiap 4.000-6.000 mil atau setiap 6 bulan, mana yang lebih dulu.

Baca Juga: Wajib Tahu! Cara Merawat Ban Motor Supaya Awet, Aman di Jalan Hemat di Dompet

Baca Juga: PT Pindad Buat Senapan Khusus Sniper, Dengan Sekali Tembak Bisa Tembus Tank Lapis Baja

Jika Anda tidak yakin, sepeda motor Anda akan dilengkapi dengan manual pemilik, disini pabrikan akan menentukan seberapa sering sepeda motor Anda diservis.

Jika setelah servis terakhir Anda, Anda diberi tahu bahwa mobil atau van Anda mungkin memerlukan 'servis sementara', ini berarti Anda harus mempertimbangkan untuk menyelesaikan servis lain 6 bulan atau 6.000 mil setelah servis sebelumnya.

Ini mungkin karena ada sesuatu yang aus pada mobil atau van Anda dan mekanik ingin memeriksa semuanya sebagaimana mestinya. Ini adalah tindakan pencegahan.

Untuk sepeda motor, layanan sementara akan berkisar antara 2.000-3.000 mil. Ini untuk memastikan sepeda motor Anda seaman mungkin untuk Anda kendarai. Jika Anda hanya menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan kedua, mungkin tidak terlalu sering diservis.

Halaman:

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X