• Senin, 4 Juli 2022

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam Resmikan Pondok Berbasis Agri Santriprenuer

- Jumat, 20 Mei 2022 | 09:05 WIB
Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam meresmikan pesantren berbasis agri Santriprenuer di Pondok Pesantren Sumber Bungur.
Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam meresmikan pesantren berbasis agri Santriprenuer di Pondok Pesantren Sumber Bungur.

PAMEKASAN, JATIMZONE.COM - Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam meresmikan pesantren berbasis agri Santriprenuer di Pondok Pesantren Sumber Bungur, Kecamatan Pakong, Kamis (13/5/2022).

Pada kesempatan itu, proses penandatanganan kerjasama antara Bupati Pamekasan, Kemenag Pamekasan dan Lembaga Pengembangan Pertanian NU (LPPNU) Pamekasan disaksikan langsung oleh para ulama, tokoh masyarakat, dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Termasuk pembicara ahli dari UGM Yogyakarta, Prof Ali Agus.

Baca Juga: Sebanyak 442 Calon Jemaah Haji di Kemenag Sampang Masuk Daftar Tunggu

Baca Juga: Hadiri Pelatihan Kepemimpinan Angkatan XVI, Bupati Pamekasan Minta Tingkatkan Kolaborasi

Dimulainya program kemandirian pesantren tersebut ditandai dengan tabuh gong yang dilanjutkan dengan penanaman bibit pisang cavendish, penanaman bibit ikan lele dan nila, pemberian pakan ayam dan pemantauan lokasi lahan pertanian pondok pesantren Sumber Bungur.

"Kegiatan ini adalah bagian dari bentuk fasilitasi sarana belajar bagi generasi muda di kalangan santri menumbuhkan semangat santriprenuer di bidang pertanian dan juga sebagai sarana kemandirian pesantren," ujar Bupati Baddrut Tamam.

Menurutnya, adanya program tersebut sebagai upaya menjaga ketahanan pangan di kalangan santri. Sehingga, partisipasi pondok pesantren membangun kemandirian santri melalui program itu harus digalakkan.

"Kemenag RI sebagai pemegang kebijakan pesantren, kami Pemkab Pamekasan kebijakan di bidang pertanian dan LPPNU sebagai pembimbing dan juga bisa menjadi off taker. Tentunya mitra-mitra lainnya untuk pengembangan pertanian di pesantren untuk tumbuh kembangnya Agri Santriprenuer akan terus berkembang," tandasnya.

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bupati Pamekasan Getol Promosikan Potensi Daerah

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Sampang Lepas 173 Calon Jemaah Haji

Kamis, 16 Juni 2022 | 18:21 WIB

Aliansi Wartawan Sampang Gelar Rapat Kordinasi

Senin, 28 Maret 2022 | 21:19 WIB

Bupati Pamekasan Lantik 176 Kapsek

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:20 WIB
X