• Rabu, 10 Agustus 2022

Launching Desa Kewirausahaan, Mahasiswa KKN Kabupaten Probolinggo Gandeng Instansi Terkait

- Rabu, 29 Juni 2022 | 09:31 WIB
Launching Desa Kewirausahaan oleh Mahasiswa KKN Kabupaten Probolinggo dengan Menggandeng Instansi Terkait
Launching Desa Kewirausahaan oleh Mahasiswa KKN Kabupaten Probolinggo dengan Menggandeng Instansi Terkait

PROBOLINGGO, JATIM ZONE - Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang tergabung dalam kelompok KKN Tematik MBKM Kabupaten Probolinggo telah berhasil meresmikan Desa Kewirausahaan yang bertempat di Balai Desa Desa Laweyan, Kabupaten Probolinggo, Selasa (28/06/2022).

Program kerja desa kewirausahaan merupakan upaya untuk meningkatkan potensi yang dimiliki oleh berbagai UMKM dari 10 desa yang terdiri dari Desa Muneng, Desa Laweyan, Desa Mentor, Desa Ambulu, Desa Banjarsari, Desa Sumber Bendo, Desa Legundi, Desa Kramat Agung, Desa Tempuran dan Desa Besuk.

Mahasiswa dari kesepuluh desa ini bersinergi demi memajukan UMKM yang diwujudkan dengan melakukan kerjasama dengan empat dinas terkait yakni Dinas Koperasi, Dinas Kesehatan, Dinas Perizinan, dan Dinas KOMINFO untuk memberikan workshop kepada para pemilik UMKM Kabupaten Probolinggo khususnya untuk UMKM Kecamatan Sumberasih dan Kecamatan Bantaran.

Baca Juga: Nekatama Adalah Perusahaan yang Bergerak di Bidang Logistik dan Ekpedisi

Masing – masing dinas memberikan materi yang dianggap perlu untuk menunjang keberlangsungan UMKM. Dinas Koperasi membagikan ilmu berwirausaha, Dinas Kesehatan mensosialisasikan akan pentingnya sanitasi pangan serta pembuatan PIRT, dan Dinas Perizinan membagikan informasi mengenai NIB (Nomor Induk Berusaha) yang penting untuk dimiliki UMKM.

Dengan diadakannya program kerja Desa Kewirausahaan diharapkan mampu menggerakkan perekonomian desa melalui pengembangan dan pelatihan UMKM.

Begitupula dengan workshop yang dilakukan bersama dengan dinas terkait dilakukan dengan tujuan mengembangkan kualitas produk UMKM serta meningkatkan motivasi kepada para pelaku UMKM dalam membangun usahanya.

Baca Juga: Disperta KP Sampang Targetkan Vaksinasi Sapi Selesai Bulan Juli

Program kerja ini sekaligus menutup secara resmi kegiatan KKN Tematik MBKM yang telah berlangsung selama 3 bulan.

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Zainal Abidin selaku perwakilan dari pihak LPPM UPN “Veteran” Jawa Timur dalam sambutannya menyatakan bahwa hasil yang dicapai oleh mahasiswa KKN Kabupaten Probolinggo telah melebihi ekspektasi yang diharapkan.

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Sampang Lepas 173 Calon Jemaah Haji

Kamis, 16 Juni 2022 | 18:21 WIB
X