• Rabu, 10 Agustus 2022

Tercatat, Status Janda di Kabupaten Sampang Capai 726 Wanita

- Selasa, 19 Juli 2022 | 22:58 WIB
Kantor pengadilan Agama Kab.Sampang Klas 1B
Kantor pengadilan Agama Kab.Sampang Klas 1B

SAMPANG, JATIM ZONE- Terus bertambahnya angka perceraian di Kabupaten Sampang membuat banyaknya setatus janda yang di alami oleh kaum hawa.

Data yang sudah diterima oleh Pengadilan Agama (PA) Sampang saat ini, sebanyak 726 wanita resmi menyandang status janda yang diketahui dalam waktu yang cukup singkat sejak Januari hingga Juni 2022 kemarin.

Baca Juga: Acara Pernikahan Anak Orang Nomer 1 Sampang libatkan UKM dalam Penyedia konsumsi

Sementara panitera hukum Pengadilan Agama Sampang Jamiliyah, menyatakan bahwa perceraian yang terjadi saat ini di dominasi oleh sang istri yang menggugat suami yakni sebanyak 589 kasus, sedangkan dari suami sendiri yang menjatuhkan talak hanya 274 kasus.

"Sejak enam bulan, terhitung mulai Januari hingga Juni 2022 sudah 726 perkara yang sudah di putus, sedangkan berkas laporan yang diterima oleh PA Sampang mencapai 863 kasus,"ucap Jamiliyah.

Baca Juga: Telan Ratusan Juta, Polindes Anggersek Sampang Dibiarkan Mangkrak

Jamiliyah menambahkan, bahwa penyebab terjadinya perceraian itu dilatarbelakangi oleh persoalan ekonomi, pertengkaran yang terus menerus, mabuk, judi , kawin paksa, meninggalkan salah satu pihak, poligami, dipenjara dan kekerasan dalam rumah tangga.

"Namun yang paling dominan kasus penyebab perceraian ini adalah perselisihan dan pertengkaran yang terus menerus yakni mencapai 372 kasus, kemudian faktor ekonomi sebanyak 286 kasus, dan meninggalkan salah satu pihak sebanyak 28 kasus,"jelasnya.

Baca Juga: Bupati Kumpulkan Camat dan Kades se Kabupaten Sampang untuk Bahas ini

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Sampang Lepas 173 Calon Jemaah Haji

Kamis, 16 Juni 2022 | 18:21 WIB
X