• Sabtu, 8 Oktober 2022

DKPP Sumenep Gelar Pelatihan Bimtek Pembuatan Biosaka, Ini Tujuannya

- Selasa, 20 September 2022 | 21:38 WIB
Bimbingan Teknis (Bimtek) pembuatan Biosaka dalam upaya mendukung pertanian organik.*/Enggar
Bimbingan Teknis (Bimtek) pembuatan Biosaka dalam upaya mendukung pertanian organik.*/Enggar

Jatim Zone - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembuatan biosaka.

Pelatihan Bimtek pembuatan biosaka tersebut dilakukan sebagai alternatif untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Bimtek tersebut menghadirkan langsung narasumber dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr. Rachmat yang berlangsung di Kantor DKPP Sumenep.

"Bimtek ini diikuti oleh puluhan petani sebagai perwakilan dengan sistem getuk-tular, dimana nantinya bisa ditularkan pengetahuan pembuatan biosaka pada petani lainnya," kata Kepala DKPP Sumenep, Arif Firmanto, Senin, 19 September 2022 kepada media ini.

Baca Juga: Begini Respon Wakil Ketua DPRD Sumenep Soal Kenaikan BBM

Pihaknya menyampaikan, Bimtek ini merupakan upaya yang perlu ditingkatkan guna mendorong petani untuk meningkatkan produksi pangan secara mandiri demi kesejahteraannya.

"Upaya ini akan jalan ditempat kalau dengan terobosan yang biasa-biasa saja, sehingga perlu pendekatan dengan cara baru atau inovasi yang tidak lagi mengandalkan pupuk kimia," ungkapnya.

Menurutnya, biosaka adalah salah satu sistem teknologi terbaru dalam perkembangan dunia. Di mana, pertanian organik modern dan inovasi teknik biosaka merupakan solusi pelengkap suplemen pada tanaman agar tumbuh subur.

"Bahan untuk pembuatan biosaka mudah di dapat dan tidak butuh biaya dalam pembuatannya, sehingga menjadi solusi yang tepat bagi petani. Selain itu, untuk menunjang keberhasilan usaha taninya," terang Arif.

Halaman:

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Respon Wakil Ketua DPRD Sumenep Soal Kenaikan BBM

Senin, 19 September 2022 | 15:34 WIB
X