• Sabtu, 8 Oktober 2022

Ini Cara Dapat Universal Health Coverage (UHC) Bagi Masyarakat Yang Ingin Berobat

- Rabu, 21 September 2022 | 13:33 WIB
Saat pelaksanaan sosialisasi
Saat pelaksanaan sosialisasi

 

SAMPANG, JATIM ZONE — Genjar lakukan sosialisasi tentang program Universal Health Coverage (UHC) oleh pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Mohammad Zyn yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang, H Yuliadi Setiyawan, Kepala BPJS wilayah Madura Munaqib, Kepala Dinkes dan KB serta DPRD Sampang Moh Iqbal Fathoni, Selasa (20/09/2022).

Baca Juga: Satlantas Polres Sampang Lakukan MOU Kurikulum Kelalu Lintasan Dengan Disdik Untuk Anak Sekolah

Kepala Dinkes dan KB dr Abdullah Najich menyatakan bahwa, program UHC, merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. Dan ini merupakan
bentuk komitmen pemerintah untuk memastikan seluruh warga Sampang terlindungi dan mudah mendapatkan akses ke UHC,"jelas dr Abdullah Najich.

Baca Juga: Hebat, Bocah 15 Tahun Asal Pamekasan Dilirik Klub Surabaya

UHC ini sendiri prinsipnya adalah semua masyarakat di Kabupaten Sampang dapat dilayani ketika dia dalam keadaan sakit dan gawat darurat, serta tidak bisa membayar,”ucapnya.

Perlu diketahui persyarat dan prosedur untuk mendapatkan UHC sebagai berikut:
Mempunyai KTP-el dan KK Kabupaten Sampang, Sedang sakit namun tidak memiliki BPJS, dalam kondisi menunggak iuran BPJS.

Baca Juga: Satuan Reserse Kriminal Polres Sampang Tangkap Satu Tersangka Pembunuhan Di Desa Gunung Maddah Sampang

Selain itu cara untuk memanfaatkan layanan UHC itu sendiri yaitu ; bagi masyarakat yang ingin berobat ke puskesmas atau rumah sakit, sampaikan ke petugas pendaftaran bahwa akan berobat menggunakan UHC, lalu perlihatkan KTP-el dan KK, dengan itu petugas akan mengecek di P-Care dan mengkonfirmasi pasien merupakan peserta JKN atau bukan, jika pasien bukan peserta UHC, maka mendaftarkan diri melalui formulir di Puskesmas setempat, jika pasien merupakan peserta JKN, bisa langsung berobat dengan fasilitas gratis,"jelasnya.

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Sumber: Pemerintah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Respon Wakil Ketua DPRD Sumenep Soal Kenaikan BBM

Senin, 19 September 2022 | 15:34 WIB
X