• Jumat, 9 Desember 2022

DPRD Sumenep Selesaikan 14 Raperda dalam Se Tahun

- Rabu, 16 November 2022 | 19:19 WIB
Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Sumenep, Juhari.*/ Enggar
Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Sumenep, Juhari.*/ Enggar

JATIM ZONE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berhasil menyelesaikan 14 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) selama tahun 2022.

Berdasarkan data, untuk usulan yang masuk ke Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Sumenep ada 21 Raperda, namun dari sekian usulan Raperda, dewan menyelesaikan 14 Raperda.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Sumenep, Juhari mengatakan, dari 14 Raperda yang telah selesai dibahas, tiga di antaranya telah ditetapkan menjadi Perda.

Baca Juga: Lolos Kurasi, Forum Aktor Sumenep Bakal Pentas di Gedung Cak Durasim Surabaya

Tiga Raperda yang telah ditetapkan menjadi Perda itu antara lain; yakni Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam; Perda Kabupaten Layak Anak, dan Perda Pengelolaan Keuangan Daerah.

Setelah itu, DPRD Kabupaten Sumenep melanjutkan pembahasan terhadap empat Raperda yang masuk Bapemperda. Empat Raperda yang telah selesai dibahas adalah sebagai berikut; Raperda tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah; Raperda tentang Penyelenggaraan Parkir; Raperda tentang Perlindungan Garis Sempadan Pantai; dan Raperda tentang Pengarusutamaan Gender.

"Untuk empat Raperda itu, belum ditetapkan menjadi Perda. Sebab, fasilitasi oleh Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum selesai sampai saat ini," tuturnya.

Baca Juga: Begini Cara Disdukcapil Sumenep Permudah Layanan Perekaman KTP-el, Yuk Simak Di Sini

Juhari berharap, proses fasilitasi terhadap empat Raperda segera selesai dan ditetapkan menjadi Perda.

Halaman:

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jika Menemukan Rokok Ilegal, Segera Laporkan Kesini

Selasa, 22 November 2022 | 15:58 WIB

DPRD Sumenep Selesaikan 14 Raperda dalam Se Tahun

Rabu, 16 November 2022 | 19:19 WIB
X