KPU Sampang Lantik 70 PPK Untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024

- Rabu, 4 Januari 2023 | 19:40 WIB
Ketua KPU Sampang Addy Imansyah
Ketua KPU Sampang Addy Imansyah

SAMPANG, JATIM ZONE - Rabu (04/01/2023) di Aula Hotel wisata Camplong, kecamatan Camplong, kabupaten Sampang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Madura, melantik 70 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang bertugas di wilayahnya.

Baca Juga: Asrama Wicaksana Laghawa Polres Sampang Senilai 3 Miliar Hibah Dari Pemkab Diresmikan

Dimana pelaksanaan pelantikan anggota PPK disaksikan langsung oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, wabut H. Abdullah Hidayat serta perwakilan partai politik se Kabupaten Sampang dan sejumlah pejabat dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Sampang, serta Camat se-kabupaten Sampang, termasuk dari Komisioner KPU Jawa Timur Miftahul Razak.

Baca Juga: Bupati Sampang Dampingi Gubernur Jatim Khofifah Tinjau Korban Banjir di Kota Sampang

Ketua KPU Sampang Addy Imansyah menjelaskan, pelantikan sebanyak 70 anggota PPK dilakukan setelah sebelumnya KPU melakukan berbagai jenjang tahapan seleksi, termasuk tes tulis dan wawancara serta berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi oleh PPK. Ia menyebut dari 793 orang yang mendaftar namun yang di terima hanya 70 orang sesuai kebutuhan.

“Tercatat ada 70 anggota yang dilantik dari 14 kecamatan yang ada di kabupaten Sampang dengan rincian 5 orang per kecamatan. PPK yang terpilih harus cepat beradaptasi dan menyesuaikan serta melakukan komunikasi intens dengan tokoh masyarakat,”ucap Addy, Rabu (04/01/2023).

Sementara itu Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur Miftahul Razak mengatakan bahwa pelantikan PPK di gelar sesuai dengan PKPU nomer 03 tahun 2022. Diharapkan dapat menjalankan tugas Pemilu jujur, menjaga netralitas dan tidak berpihak salah satu calon tertentu.

Baca Juga: Banjir Belum Surut Alun-alun Tronojoyo Sampang Jadi Sasaran Bagi Pedagang Pasar

"Sesuai PKPU 03 tahun 2022, tentang tahapan pemilu serentak, tanggal 04 ini merupakan pelantikan badan adhoc yakni PPK, kemudian nanti dilanjutkan orientasi tugas yang harus dilakukan oleh KPU Kabupaten seluruh Indonesia, juga ada tahapan seleksi untuk calon PPS,"ucapnya.

Selain itu Bupati Sampang Slamet Junaidi menyampaikan agar PPK yang telah dilantik dapat menjalankan tugas dan menjaga integritas, moralitas serta profesionalisme berdasar azas prinsip penyelenggara pemilu.

"PPK ini dibentuk oleh KPU Sampang untuk melaksanakan tugas menjaga integritas dan profesionalisme berdasarkan prinsip penyelenggara pemilu. Melayani pemilih dan peserta pemilu dengan adil,"tegas Bupati H.Slamet Junaidi .

Baca Juga: Bupati Sampang Dampingi Gubernur Jatim Khofifah Tinjau Korban Banjir di Kota Sampang

Dijelaskannya pelantikan yang dilakukan ini merupakan salah satu dari tahapan dalam penyelenggaraan pemilu serentak di tahun 2024 mendatang

"Momentum ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan pemilu pada tahun 2024 di Sampang dapat terlaksana dengan baik tanpa ada pelanggaran yang terjadi sehingga pemilu yang aman, damai dan sejuk dapat tercipta," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Sumber: KPU Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, PPK se-Kabupaten Sumenep Antusias Ikuti Bimtek

Minggu, 5 Februari 2023 | 16:10 WIB
X