Penyanyi kawakan Emilia Contessa mendaftarkan diri sebagai bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi

- Sabtu, 7 Januari 2023 | 13:13 WIB

JATIMZONE-Penyanyi kawakan Emilia Contessa mendaftarkan diri sebagai bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Timur pada Pemilu 2024.

Emilia mengatakan ini adalah kali kedua dia mencalonkan diri di DPD Jatim. Setelah periode sebelumnya 2014-2019 silam.

"Ini adalah periode kedua saya untuk mencalonkan sebagai DPD RI. Saya tahun lalu mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI," kata Emilia, Jumat (6/1).
Pada 2019 lalu Emilia mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI melalui Partai Amanat Nasional (PAN) di Dapil Jatim IV, meliputi wilayah Jember dan Lumajang. Tapi dia gagal lolos ke Senayan.

"Ternyata setelah saya pikir mungkin saya lebih nyaman dengan DPD RI, karena di DPD RI tidak ada yang bisa mengintervensi saya. Saya tidak bisa diatur oleh kebijakan partai dan sebagainya," ucap Emilia.

"Saya merasa independen dan lebih baik dan lebih menarik karena saya bisa menentukan dan memutuskan tanpa saya harus dibatasi peraturan," tambahnya.

Jika dia kembali dipercaya masyarakat Jatim sebagai anggota DPD, maka ia akan melanjutkan kerja dan perjuangannya yang sempat terhenti.

"Periode pertama itu ada beberapa hal yang saya kerjakan tapi belum selesai, ada banyak, termasuk banyak kepala sekolah yang kena saber pungli karena ada ketidakserasian antara peraturan kementerian dengan koordinasi dengan saber pubgli, akhirnya mereka merasa banyak jadi korban. Saya ingin melanjutkan perjuangan itu," pungkasnya.

Sementara itu Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) Insan Qoriawan mengatakan saat ini sudah ada 21 bakal calon DPD Jatim yang dinyatakan memenuhi dukungan minimal pemilih.

"Dari 16 sampai 29 Desember 2022 di Kantor KPU Jatim, ada 31 bacalon DPD yang menyerahkan dukungan minimal. Dari 31 bacalon DPD, ada 21 bacalon DPD yang dokumen dukungan minimalnya lengkap dan dapat diterima," kata Insan.

Adapun 21 orang bacalon yang dinyatakan lengkap dan diterima dukungan minimal pemilihnya yakni Aisyah Aleena Maheswari Novinda, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, AA. Ahmad Nawardi, Abdul Qadir Amir Hartono, Adilla Azis, Agus Rahardjo, Ayub Khan, Bambang Harianto, Catur Rudi Utanto, Doddy Dwi Nugroho, dan Emilia Contessa.

Kemudian Erlytha Dwi A Siregar, Evi Zainal Abidin, Khoirul Arif Rohman, Kondang Kusumaning Ayu, Kunjung wahyudi, Lia Istifhama, Mohammad Trijanto, Narto SK Dentopuro, Siti Rafika Hardhiansari dan Subani Suryo Atmojo.

Selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi administrasi kepada 21 bacalon DPD ini, dari 30 Desember sampai 12 Januari 2023.

Kemudian akan ada tahapan verifikasi dan perbaikan. Baru setelah itu akan dilakukan penetapan pemenuhan syarat dukungan minimal pemilih dan sebaran oleh KPU Jatim.

"Bagi bacalon yang telah dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal pemilih dan sebaran, maka dapat melanjutkan ke tahapan pendaftaran persyaratan calon," ucapnya.***

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, PPK se-Kabupaten Sumenep Antusias Ikuti Bimtek

Minggu, 5 Februari 2023 | 16:10 WIB
X