• Kamis, 7 Juli 2022

Cegah PMK, Satlantas Polres Sampang Lakukan Penyekatan

- Kamis, 2 Juni 2022 | 20:36 WIB
Cegah PMK, Satlantas Polres Sampang Lakukan Penyekatan. */Ahmad Juma'adi
Cegah PMK, Satlantas Polres Sampang Lakukan Penyekatan. */Ahmad Juma'adi

SAMPANG, JATIM ZONE - Guna mengantisipasi meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Satuan polisi lalulintas (Satlantas) Polres Sampang Jawa Timur gencar melakukan penyekatan terhadap kendaraan yang bermuatan sapi yang melintas di depan Pos Barisan, pada Kamis, 02/06/2022.

Kasat lantas AKP Alimuddin Nasution melalui Bripka Mukim saat membenarkan adanya pelaksanaan penyekatan pada setiap kendaraan yang membawa sapi dari arah barat maupun utara untuk menuju pasar hewan di desa Aeng Sareh Sampang.

Baca Juga: Komisi I DPRD Sampang : Pencopotan Spanduk 2024 Ganti Bupati Dinilai Tebang Pilih

"Hal ini kami lakukan karena sekarang bayaknya hewan sapi terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di setiap daerah, sehingga kami mengharuskan gelar penyekatan pada kendaraan yang bermuatan sapi di periksa, untuk antisipasi penyebaran menularan peyakit Mulut dan Kuku,"ucapnya.

Perlu di ketahui bahwa semua kendaraan jenis pikcup yang membawa hewan sapi yang melintas di depan Pos Barisan semua dilakukan penyekatan dan pemeriksaan oleh petugas dari Satlantas Polres Sampang, dan dari semua hewan sapi yang diperiksa yang dibawa kendaraan tersebut tidak ada yang tergejala Penyakit Mulut dan Kuku.

Baca Juga: Bupati Slamet Junaidi Resmikan Bank Sampang di Pulau Mandangin

"ini kami lakukan jikala ada salah satu hewan sapi yang terinfeksi masuk ke pasar dan terjual pada masyarakat atau ke pedagang, maka dikwatirkan akan menular pada sapi-sapi yang lain yang satu kandang dengan sapi tersebut maka akan cepat tertular," tambahnya.

Ia menghimbau kepada semua peternak atau pedagang sapi untuk berkoordinasi dengan petugas kehewanan apa bila ada gejala peyakit tersebut agar cepat tertagani.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Tubuh, Anggota Polres Sampang Lakukan Pemeriksaan

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X