• Senin, 4 Juli 2022

Tanam Raya Tembakau Tahun 2022, Petani dan Pemkab Pamekasan Bersama Memperjuangkan Tembakau

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:06 WIB
Bupati Pamekasan, Badrut Tamam tengah foto bersama setelah menandatangani petisi 'Together We Grow', Selamatkan Mata Pencaharian Petani Tembakau
Bupati Pamekasan, Badrut Tamam tengah foto bersama setelah menandatangani petisi 'Together We Grow', Selamatkan Mata Pencaharian Petani Tembakau

PAMEKASAN, JATIM ZONE - Ratusan petani tembakau Pamekasan ikut menandatangani petisi 'Together We Grow', Selamatkan Mata Pencaharian Petani Tembakau bersama Bupati Pamekasan, Badrut Tamam yang berlangsung di Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Sabtu, 19 Juni 2022.

Ketua DPN Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Soeseno, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Peternakan (DKPP) Pemkab Pamekasan, Ajib Abdullah dan Dosen Ekonomi Pertanian Universitas UPN Veteran Surabaya , DR Zainal Abidin turut serta hadir dalam penandatanganan petisi tersebut.

Petisi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen bersama untuk memperjuangkan tembakau bukan hanya sebagai sumber pemberdayaan ekonomi, namun juga budaya dan warisan yang telah mendarah daging.

Baca Juga: Polres Sumenep Gelar Vaksinasi dan Pengobatan Gratis dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-76

Apalagi menanam tembakau bagi para petani sama dengan menanam harapan.

Mengingat beberapa bulan terakhir, petani dihantui oleh cuaca yang tidak bersahabat sehingga membuat mereka kesulitan menanam tembakau. Alhasil, tanam raya tembakau di sebagian besar daerah nusantara, yang biasanya dapat dilakukan di bulan April-Mei, terpaksa harus mundur hingga akhir Juni.

Kepala DKPP Pamekasan, Ajib Abdullah mengatakan untuk pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) luas lahan adalah 2,5 hektardan. Kebetulan lokasinya punya DKPP sendiri.

"Adapun untuk lokasi gedung dekat dengan pemukiman atau lahan cocok tanam tembakau masyarakat sekitar itu bisa kita maklumi, karena pada umumnya di wilayah Madura khususnya Pamekasan pada saat musim kemarau prei makm yang tidak di tanami," ujarnya.

Baca Juga: STKIP PGRI Sumenep Borong Medali dari Porsenasma IV

Halaman:

Editor: Haifizah Maulidina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X