• Rabu, 10 Agustus 2022

Tingkatkan Untuk Memakmurkan Masjid, Takmir Al-maaun Lakukan Khotmil Qur an

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 22:54 WIB
Pegurus takmir saat melaksanakan Khotmil Qur an
Pegurus takmir saat melaksanakan Khotmil Qur an

 

SAMPANG, JATIM ZONE – Menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 Hijriah Takmir masjid Al-maaun, masjid yang berada di perkampungan (selong permai) terus meningkatkan kegiatannya terutama memakmurkan masjid.
Salah satu tradisi keagamaan yang masih berkembang dan dilestarikan oleh masyarakat khususnya takmir masjid Al-maaun seperti khotmil qur an.

Ketua takmir H.Achmad Mawardi menjelaskan bahwa bayak kegiatan untuk takmir masjid selain di hari 1 Muharram juga pada saat malam Jumat manis dilaksanakan solat kiyamul laily berjemaah yg dimulai pkl 03.00- 04.00 wib diawali dg solat tahajud, lanjut solat tasbih dan ditutup dg solat witir diikuti para jemaah dan warga serta para santri pondok al madani, Bahdah subuh," jelas Mawardi, Sabtu (30/07/2022).

Ia menambahkan bahwa setelah Sholat Subuh Khotmil qur an bil worib (dibaca para hafidz/hafal qur an). Dari pukul 05.30 s.d 11.00 (istirahat junatan) dilanjutkan sampai selesai 13.00 wib.
Dalam Khotmil qur an disediakan air barokah QS yg bermanfaat untuk warga yang sakit membawa kesembuhan dan yg sehat akan semakin sehat, tentunya tetap membaca solawat," tambahnya

Tujuan khotmil qur an semoga membawa barokah bagi warga Selong Permai, utamanya bisa menggugah dan mengilhami anak anak kita untuk bertindak dan berakhlak qur ani, selain itu agar bacaan qur an kita makin baik. Karena membaca Alquran merupakan suatu amalan mulia yang dianjurkan kepada setiap Muslim.
Membaca al-Qur’an merupakan suatu amalan mulia yang dianjurkan kepada setiap muslim. Membaca al-Qur’an juga salah satu amalan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah swt. Oleh karena itu banyak ayat al-Qur’an yang memerintahkan untuk membaca al-Qur’an, antara lain sebagai berikut,

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu al-Kitab (al-Qur’an) dan dirikanlah shalat … [QS. al-Ankabut (29): 45].

Dan perlu di ketahui bahwa bulan ini akan dilaksanakan juga santunan anak yatim ditanggal 10 asura. Dana santunan berasal dari para takmir masjid Al-maaun, para jemaah dan warga selong permai. Sasaran anak yatim adalah yatim warga selong permai dan yatim Sekitar selong permai.
Mohon dukungan semua Jemaah dan warga selong permai untuk mewujudkan dan mensukseskan acara santunan yatim ini,"harapnya.

Editor: Dias Alan Anggariawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X