• Sabtu, 8 Oktober 2022

KNPI Gelar Festival Desa Tradisional Untuk Lebih Mengenal Nuansa Pedesaan

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 20:32 WIB
Pesarta Desa Gulbung
Pesarta Desa Gulbung

 

SAMPANG, JATIM ZONE - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sampang mengandeng Disporabudpar dan Panitia Kecamatan Pangarengan menggelar Festival Desa Tradisional Tingkat Kecamatan Pangarengan kabupaten Sampang Tahun 2022, Jum’at, 26/08/2022.

Baca Juga: Diduga Depresi, Seorang Pemuda di Kabupaten Pamekasan Nekat Gantung Diri

Ketua Pelaksana H.Bustomi falah menyampaikan bahwa kegiatan Festival Desa Tradisional Tingkat Kecamatan Pangarengan ini agar bisa mengetahui yang sebenarnya bahwa di desa mempunyai kultur atau ciri khas desa yang masih melekat di masing-masing desa.
Hal ini yang nantinya akan menentukan potensi desa yang bersangkutan,"ucap Bustomi, Jum'at (26/08/2022).

Baca Juga: Jalin Kebersamaan Sesama Personil, Polres Sampang Gelar Lomba Agustusan

Bustomi menambahkan lomba dengan kategori Nominasi Desa Tradisional Se-kecamatan Pangarengan ini, ada berapa kategori yang menjadi acuan lomba desa tradisional yaitu : Makanan tradisional ,Suasana tradisional, Mainan tradisional , Budaya tradisional ,Pakaian tradisional,Nuansa kemerdekaan,"ucapnya.

Baca Juga: Pertama di Madura, Kabupaten Sampang Launching Program Universal Health Coverage (UHC)

Dan perlu diketahui peserta dari (GPG) GASAK atau Pemuda Gulbung , Desa Gulbung dengan nomer urut (04) Dari peserta desa se-kecamatan Pangarengan, Tepatnya di Dusun Berek leke, Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Madura, jawa-timur.
Dimana masih Ada kultur tradisionalnya sangat kental dan masih ada, busana yang bertajuk sakera dan Marlena adalah busana khas asli madura , hal ini di buktikan dari Rumah adat yang masih bener bener asli, juga di Sajikan dengan makanan yang benar asli makan khas tradisional, Contoh urap- urap, ketan, dan juga lopes dimana itu asli makanan tradisional madura.
Dan nuansa suasana desa, hal ini di buktikan bahwa dusun Berek leke erat dengan sejarah. Dimana budanya adalah nelayan, bagaimana mereka menjaga keaslian desa salah satu contoh pembuatan perahu dan pembuatan jaring ikan,"jelasnya.

Baca Juga: Bupati dan Wabup Sampang Serta DPRD Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Halaman:

Editor: Dias Alan Anggariawan

Sumber: Pemerintah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MASYARAKAT RASAKAN LANGSUNG PROGRAM BESTI BERDERING

Selasa, 27 September 2022 | 09:11 WIB

Warga Bangkes Pamekasan Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Minggu, 25 September 2022 | 21:08 WIB

For Sahabat Lama Ditinggal ini Kata Ketua Umum

Sabtu, 3 September 2022 | 22:35 WIB
X